Rabu, 05 Juni 2013

BELAJAR BERMAIN DRUM TEKNIK DASAR BERMAIN DRUM



Hari ini saya akan menjelaskan teknik dasar bermain drum. Untuk bisa menjadi hebat dalam bermain drum yaitu anda harus mempunyai keinginan yang besar dan ciptakan dalam diri anda bahwa anda adalah pemain drum yang hebat.

Pertama tama anda harus siapkan drum dan stik drum. Disini saya memakai drum elektrik yang pasti ada perbedaan dengan dram set biasa. Tidak perlua kuatir karena perbedaan antara drum set dan drum elektrik hanya pada sound dan keras pukulan pada drum yang anda keluarkan contoh kalo di drum set anda memukul drum suaranya keluar tergantung kuat atau pelan dari pukulan yang anda berikan sedangkan drum elektrik kuat dan pelan suara yang akan keluar dari drum tergantung volume yang anda atur pada sound atau speaker aktif yang anda gunakan.
Ini adalah drum elektrik yang saya gunakan tidak berbeda jauh dengan bentuk drum set pada umumnya.
Dalam drum elektrik terdapat:
-          2 simbal
-          3 tom
-          1 snare
-          1 bass drum
-          1 hi hat
Komponen-komponen drum tersebut tidak dapat di -tambah karena sudah dipatenkan hanya bisa diubah tempat dan posisinya. Keunggulan menggunakan drum set adalah anda bisa mengganti bunyi suara dari setiap komponen drum sesuai dengan keinginan anda, tidak perlu beli simbal yang lain hanya dengan menekan tombol pada pengaturan style drum sesuaikan dengan keinginan anda. Kekurangan drum elektrik tidak bisa nyala apabila listrik di rumah anda padam. 

Berikut teknik dasar bermain drum atau latihan bermain tempo 1/4.
Pertama anda harus memegang stik drum seperti ini.
Berikut anda harus mengatur tempo. Apa itu tempo ? tempo adalah cepat atau lambat suatu nada atau lagu yang di mainkan.
Dihitung dari angka 1.2.3.4 ini akan mengatur tempo kecepatan anda dalam bermain drum.
Terus menghitung dari 1- 4 dengan nada dan tempo yang sama.
Sesudah itu coba anda memukul hi hat dengan tangan kanan apabila anda mempunyai kekuatan dengan tangan kanan, kalo anda mempunyai kekuatan dengan tangan kiri anda harus memukul dengan tangan kiri.
Coba anda pukul hi hat dengan kecepatan yang anda hitung sesuai dengan tempo contohnya anda menghitung 1.2.3.4. anda juga harus memukul hi hat 4 kali pukulan sesuaikan dengan tempo yang anda tentukan.
contohnya coba anda lihat dan amati gambar di bawah ini :

-          Berikutnya anda tambakan pukulan SNARE pada hitungan ke 3 pastinya anda harus memukul dengan stik drum yang di pegang dengan tangan kiri (catatan : pukulan pada hi hat tidak bole di hentikan pada hitungan ke 3 harus di pukul secara bersama-sama dengan snare).


contohnya coba anda amati gambar di bawah ini :


Berikut anda tambahkan dengan menginjak bas drum menggunakan kaki kanan pada hitungan pertama, atau pembuka.










contohnya coba anda amati gambar di bawah ini :



Ok. semoga bermanfaat bagi anda yang ingin belajar bermain drum dan apabila masih belum mengerti kami menyediakan jasa kursus music online. Caranya kunjungi kami di akun fb @moc multicom atau hubungi di num 081934031931

5 komentar: